Senin, 20 Agustus 2012

Platform Blog Mana Yang Terbaik Bagi Anda?

Jawabannya sederhana saja. WordPress atau Blogger. Bila Anda ingin membuat blog gratis maka pilihannya di antara Blogger. Untuk blog yang dibangun pada hosting Anda sendiri, maka satu yang paling populer adalah WordPress.org. Kebetulan pula kedua platform tersebut merupakan yang termudah dengan tutorial blog yang memadai.
WordPress.com menggunakan perangkat lunak dari WordPress.org untuk memberikan jasa hosting kepada pemakai Internet. Tentunya ada opsi-opsi yang harus Anda beli bila ingin menambah fitur. Dengan menginstal WordPress.org di hosting Anda sendiri, Anda dapat menyesuaikan fitur sesuai keinginan Anda selama hosting Anda mengizinkannya.
Sebenarnya ada banyak platform blog lainnya tapi WordPress dan Blogger telah menjadi begitu populer… dan pada dasarnya dapat dibentuk menjadi apapun yang Anda inginkan sehingga tidak ada alasan lain memilih yang lain. Bila Anda menemukan masalah atau ingin suatu fitur tambahan, dengan memilih platform yang populer, ada banyak kemungkinan orang lain telah menyelesaikan problema atau mengembangkan fitur tersebut.
Sebagai catatan, berikut ini adalah pangsa pasar platform blog menurut data 2010:
Pangsa Pasar Platform Blog
Menurut rist pingdom di tahun 2009, 32 blog top 100 di dunia menggunakan WordPress.org ataupun WordPress.com. Kayak promosi yah, tapi beginilah kenyataan di lapangan sekarang ini. Silakan simak grafik kue berikut:
Platform Blog Top 100
Jadi, yang mana yang terbaik untuk Anda? Jawabannya tergantung dari pribadi masing-masing. Tapi ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan. Platform blog itu sendiri terdiri dari dua bagian besar:
  1. Jasa platform blog. Platform ini adalah sebuah jasa, bisa saja berbayar maupun gratis. Dua platform gratis yang populer telah disebutkan di atas, Blogger.com dan WordPress.com. Tipe blog ini sesuai untuk pemula yang ingin bereksperimen karena domain yang Anda miliki berada di kawasan platform yang bersangkutan (namaanda.blogspot.com atau namaanda.wordpress.com, bukan hanya namaanda.com). Untuk profesional dan bisnis, ini merupakan suatu hal yang patut dipertimbangkan. Kelemahannya adalah, dengan jasa platform Anda tidak memiliki blog Anda secara nyata. Akun Anda bisa saja lenyap kapan saja karena melanggar aturan. Belum lagi blog dengan sub-domain kelihatan kurang profesional. Anda tidak harus percaya, tapi Seth Godin, marketer internasional ternama mengatakan ini sendiri diproblogger.net“Maybe, if I had to pick something, it would be directing to a domain I own (sethgodin.com) instead of sethgodin.typepad.com.”
  2. Platform blog independen. Pilihan platform ini memberikan lebih banyak kontrol dari segi presentasi, modifikasi dan fungsionalitas. Jika Anda ingin mengembangkan blog untuk mendukung karir profesional atau bisnis Anda, saran saya adalah memakai platform ini. Memang butuh sedikit biaya tapi ini bermanfaat sebagai strategi jangka panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar